Selasa, 18 Oktober 2016

Testimoni Yamaha Vixion Setelah 3 tahun Pemakaian


Selamat pagi, siang sore dan malam lek, izinkan saya sharing aja sih untuk berbagi review Yamaha New Vixion dirumah saya, pembelian Oktober 2013.

Waktu semakin hari berganti, tidak sadar salah satu kendaraan yang cukup friendly sudah nongkrong di rumah saya selama 3 tahun dengan KM lebih dari 60.000KM yaitu Yamaha New Vixion. berawal dari motor di rumah Vario 125 dan Honda Karisma 125 yang sudah ngempos tenaganya tapi ada Suzuki Satria Hiu 115 cc 2 tak yang masih bisa bejaban tenaganya tapi boros amir. Karena ketiga motor diatas butuh asupan temen baru, akhirnya saya memutuskan untuk membeli satu asupan prajurit baru (Vixion) di garasi rumah pada tahun 2013.

Salah satu produk andalah Yamaha ini menjadi satu peluru yang menjadi gacoan sport di Tanah Air, sehingga membuat masyarakat meminang, namun sebagai salah satu user, tentunya saya memiliki penilaian tersendiri bagi motor ini, berikut ringkasannya:

Kelebihan

  1. Lincah dan handling ringan banget
  2. Mesin oke, dan Irit banget, bahkan ngerasa Lebih irit dari Honda Karisma dan Vario yang CC nya 125
  3. Design termasuk longlast, keren dan cukup sporty, walau umur udah lama tapi masih bejaban dengan design baru kompetitornya. Istilahnya masih pede banget lah bawa vixion walau umur juga udah lama
  4. Grip yang tersebunyi dibelakang membuat tampilan di belakang kayak Ninja saat malam hari, yang tentunya grip sangat nyaman dan inovasi Yamaha yang cukup Amazing disini.
  5. Speedometer yang akurat, pernah saya cek di GPS dan rasio nya cm beda 7 KM/jam
  6. Gampang banget di modif, dan modifikasi nya cukup terbilang banyak.
  7. Salah satu yg paling saya suka di Yamaha, adalah Jok motor yang nyaman, ntah karena busanya nyaman bgt, jadi ga kerasa pegel di bawah pinggang.
  8. Aki dari vendor Yuasa untuk motor bawaan motor vixion, asli awetttt banget, tidak pernah ganti, di sentrum aja ga pernah. Kadang bingung, ini aki kapan soak nya ya.
  9. Cat vixion asli tebel banget, sampai skrg cat belum pudar, masih kayak baru. Semoga tebelnya cat tetap dipertahankan Yamaha.

Kelemahan

  1. Komstir bener2 jadi masalah, bunyi cekluk saat lewat jalan rusak bikin ga enak di telinga
  2. Rantai mudah kendor
  3. Handling kadang terlalu ringan, kadang membuat shock depan jd oblak miring kalau ngebut dan jalan rusak, ntah karena faktor tekanan ban atau apa, tp bener mengerikan.
  4. Untuk Shock belakang cukup pas, cuman klo bearingnya oblak, asli ngayun banget kayak odong2, ngeri buat ngebut
  5. Besi Handgrip gampang kebaret dan gampang kebelek, tp bisa di akalin pakai skotlet
  6. Bawaan ban kayak Dunlop dan IRC dari Pabrikan, asli bikin ngepot kalau hujan, yang parah sampai robek gtu ban nya dari Dunlop padahal ban baru setahun (saran buat Yamaha, pakai ban yang enak buat hujan, atau ganti vendor ban)
  7. Ntah soket rumah bohlam depan kayak ga jelas ritme daya kelistrikannya, bikin cepet putus bohlamnya, padahal pakai bohlam yang cukup mahal eh putus juga baru beberapa bulan.
  8. Spakbor kadang suka miring sendiri, ini paling horor, mungkin ketabrak pemotor di belakang kali ya.
  9. Masih sering dilihat orang di jalan (cuma firasat aja sih tapi ga enak banget, termasuk kelemahan nih hahaha), padahal motor ga dimodif alias standaran dan udah lama juga 3 tahun 

Kurang lebih seperti itu, yang saya rasakan, semoga kelebihan menjadi daya nilai yang tetap di Jaga oleh Yamaha, dan untuk kekurangannya di perbaiki oleh Yamaha Indonesia.

Regard
Muhammad Faisal Aulia