Setelah resmi memperkenalkan supernaked bike Z1000 edisi baru tahun 2017, manufaktur Kawasaki langsung memberi kejutan dengan memperkenalkan Z1000 R Edition. Edisi R sejatinya masih sama dengan Z1000 standar, hanya saja disematkan sejumlah peningkatan pendukung untuk berlari lebih kencang.
Seperti halnya pada versi standar, filosofi desain 'Sugomi' masih tetap diaplikasikan pada Z1000 R Edition. Rancang bangun bergaya agresif dengan pahatan dan lekukan bodi sebagai pendukung aspek aerodinamika. Desain nakedbike yang sangat mengintimidasi tersebut dibalut dengan skema warna Metallic Spark Black dan Metallic Graphite Grey. Sebagai sentuhan akhirnya diguratkan paket grafis spesial yang dilengkapi aksen kuning-hijau. Sementara bagian joknya dipertegas melalui desain logo huruf Z yang timbul.
Lalu apa pembedanya dengan supernaked bike standar? Z1000 R Edition telah dilengkapi dengan komponen penghenti laju dan suspensi yang lebih handal. Sektor pengereman dipercayakan kepada rotor cakram di roda depan berukuran 310mm floating disc lansiran Brembo. Permukaannya memiliki alur lateral dalam rangka membuang panas yang ditangani oleh kaliper Brembo M50 State-of-the-art.
Sedangkan peningkat pengendalian dimungkinkan berkat pengaplikasian sok belakang lansiran Öhlins tipe S46DR1S. Menariknya, sistem peredam kejut tersebut sangat mudah disesuaikan seiring keinginan pengemudi, hanya dengan menggunakan remote. Komponen tersebut kemudian dikombinasikan dengan suspensi depan model garpu yang telah direvisi sehingga mampu menyajikan pengendalian lebih responsif.
Di samping dua komponen tersebut, motor terbaru geng ijo ini juga mendapat peningkatan settingan di bagian 'otak'. Hal tersebut dilakukan agar ECU mampu menyediakan distribusi tenaga yang lebih halus. Selain itu, indikator posisi gigi digital pun dipermanis dengan cahaya saat shift-up yang menyinari rev counter display pada saat mencapai rasio kecepatan yang diinginkan.
Bergeser ke sektor mesin Z1000 R, masih sama dengan varian standar, yaitu jantung mekanis berkonfigurasi 4-silinder segaris yang berkapasitas 1.043 cc, 4-stroke. Kompetensinya depot tenaga ini sanggup menyajikan daya maksimum 142 PS pada 10.000 rpm dan melontarkan torsi puncak 111 Nm di putaran 7.300 rpm. Bertugas sebagai penghantar tenaga ke roda belakang, Kawasaki mempercayakannya pada pola transmisi manual 6-percepatan.
Perihal harga Z1000 R Edition, Kawasaki masih merahasiakannya dan akan segera mengumumkannya dalam gelaran Motorcycle Live di Inggris pada pertengahan bulan November nanti. Meskipun demikian, pengiriman unit ke tangan konsumen diperkirakan sudah dapat dilakukan per Januari 2017 mendatang.