Sabtu, 29 Oktober 2016

Inilah Yamaha NVX Sosok Pesaing Honda Vario 150 Dari Vietnam

Sepertinya tidak lama lagi Yamaha akan mendapatkan 'amunisi baru' di kelas matik dengan meluncurkan NVX, tepatnya pada bulan September 2016. Sentimen ini terungkap dari video teaser yang di unggah oleh akun Yamaha Motor Vietnam pada website Youtube dengan durasi 1 menit 9 detik. Dari tayangan tersebut, terbersit kabar, jika motor matik ini mengusung teknologi mesin Yamaha teranyar dengan menyandang kategori sebagai Super Sport Scooter.
Merujuk dari tayangan tersebut, motor dengan emblem 3 dimensi bertuliskan NVX ini, mengusung guratan garis bodi yang tajam dan tergolong agresif. Pada bagian 'wajah' terlihat lampu depan ganda dengan mengenakan bohlam berkonsep LED berwarna putih plus rumah lampu sein yang dinamis bersembunyi di sisi kiri dan kanannya.  Apabila memandang model terbaru ini dari samping, maka ditemukan rancang bangun buritan yang meruncing dan jok penumpang bertingkat yang menyatu dengan pengendara.
Walaupun masih terlihat samar-samar dan belum ada keterangan resmi yang beredar, namun, cover knalpot dan pelindung radiator yang dikenakannya tidak lah asing. Musababnya, gaya knalpot berdimensi panjang dan perangkat pendingin udara yang diberi pagar beraksen diagonal ini juga diaplikasikan pada skuter bongsor Yamaha Nmax di Indonesia. Dengan berbekal petunjuk tersebut, kami memperkirakan jika depot tenaganya berkonfigurasi 1-silinder dan berukuran 155 cc. Selain itu, saat tayangan teaser menginjak detik ke 52, tampak badge Blue Core yang menempel di stang. Artinya, teknologi yang digunakannya Nmax juga diinstalasi pada NVX termasuk di dalamnya fitur VVA (Variable Valve Actuator).
Sepanjang video teaser ini diputar, ada satu hal yang turut mencuri perhatian kami. Tombol berbentuk persegi di sebelah kanan stang. Tradisinya, pengaturan lampu jauh dan dekat Yamaha menempati bagian kiri stang bukan kanan. Sehingga timbul pertanyaan di benak kami, apakah tombol tersebut bertugas sebagai fasilitas idling stop yang berfungsi menyalakan dan mematikan mesin saat idle?
Pertanyaan berikutnya dan pastinya membuat Anda penasaran ialah kemungkinkan produk ini dibawa ke Indonesia. Menurut hipotesa kami dengan menimbang dari ulasan yang sudah dipaparkan di atas, kemungkinan matic sport ini  hadir di Tanah Air tergolong cukup besar dan merupakan 'angin segar' dalam iklim kompetisi yang selama ini dikuasai oleh Vario 150 sendirian. Ya, dari semua motor garpu tala di pasar domestik, belum ada produk yang posisinya head to head langsung dengan motor matik Honda berkubikasi 150 cc, karena Nmax bertemu PCX dan Aerox125 LC berhadapan dengan Vario 125.
Selaras dengan pendapat tersebut, berdasarkan data Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kementerian Perindustrian, rupanya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tampak sedang menantikan proses pendaftaran dua model baru berkode Yamaha B65-A dan Yamaha B65 pada tanggal 7 September kemarin rampung. Kami berpendapat, jika dibalik kombinasi huruf dan angka tersebut cocok untuk mewakili NVX. Setidaknya terdapat dua alasan untuk menyimpulkannya. Pertama ialah waktu debutnya yang sudah sebentar lagi berlangsung di Vietnam dan kedua, karena belum adanya lawan sepadan untuk menghadapi Vario 150.
Masih ingat dengan kode produksi dari Nmax yakni 2DP dan berselang beberapa waktu kemudian muncul 2DP dengan tambahan informasi Non ABS? Nah, Yamaha Indonesia sepertinya akan mengulang strategi serupa dengan tipe B65, dimana B65-A mengenakan sistem deselerasi Anti-lock Braking System (ABS) dan B65 tanpa tambahan huruf 'A' tidak memakainya. Dengan demikian banderol yang dikenakan akan lebih terjangkau bisa merangkul lebih banyak segmen konsumen yang dituju.